1

Belajar Ms.Excel

Belajar Perintah Sederhana Pada Ms.Excel.

sebelum kita mulai kita pahami dulu perintah perintah yang akan di pakai nanti :

  1. Hlookup, merupakan rumus untuk mengambil rumus dari table secara horizontal. Caranya kita harus menentukan range table yang akan jadikan pedoman, dan kemudian tekan f4 di range tersebut guna untuk mengunci range tersebut agar nantinya ketika dicopy rumusnya tidak error. Yang harus dilakukan yaitu, mengisi lookup value,table array,rowindeksnum,dan range lookupnya.
  2. Vlookup, merupakan kebalikan dari hlookup, dengan mengambil rumus secara vertical. Dan caranya pun juga masih sama dengan Hlookup.
  3. IF, merupakan penggunaan rumus yang menurut saya agak sulit karena rumusnya adalah yang paling panjang dan juga menggunakan logika, caranya kita harus menentukan terlebih dahulu apa saja yang ingin  dibuatkan logikanya. Kemudian isi logical test, value is true, da kemudian value is false.
  4. Right, yaitu penggunaan untuk mengambil beberapa karakter dari sebelah kanan, caranya dengan memasukkan text atau juga sell yang dipilih. contohnya; =right(B15,3).
  5. Mid, yaitu penggunaan untuk mengambil beberapa karakter dari tengah, cukup memasukkan teks/sellnya kemudian masukkan start num/dimulai dari karakter berapa dan terakhir masukkan isi berapa karakter ingin diisi, contoh; =mid(A5,2,5).
  6. Left, ini adala kebalikan dari right, yaitu mengambil karakter dari sebelah kiri, contoh =left(A1,3).

Disini saya akan menggunakan tabel sebagai bahan belajar seperti gambar di bawah ini. Dan beberapa tabel bantu.

ALL

TBRUANGini tabel bantu tabel ruang TBKELASini tabel bantu tabel kelas.

Untuk mengisi field kelas kita gunakan rumus seperti pada gambar. kita gunakan left karna kita menggambil 1 karakter pertama pada filed kode kamar.

1

Dan untuk field selanjutnya saya gunakan rumus yang berbeda terserah anda ingin menggunakan rumus if atau vlookup dan hlookup. dan karna kita mengambul 1 karakter pertma dari kanan pada filed kode kamar kita gunakan right. jika anda menggunakan ini anda butuh tabel bantu.

2

Untuk bangunan karna kita ambil dari 3 huruf di tengah filed kode kamar, maka kita gunakan mid.

3

Untuk pengisian lama menginap sebelumnya kita ubah filed tanggal cek in dan cek out ke dalam format DATE. jika sudah tinggal menggunakan rumus pengurangan biasa.

4

Dalam pengisian filed tarif bayar mempunyai rumus lama menginap dikalikan dengan harga kamar perhari, dan harga kamar kita ambil dari tabel bantu.

5

Untuk Pengisian field pajak menggunakan rumus perkalian biasa tarif dikalikan pajak 10%

6

total bayarnya pun sama saja menggunakan rumus aritmatika biasa

7

About Anugrah Bintang

SMK Telkom Snadhy Putra Purwokerto (Rekayasa Perangkat Lunak) STT Telkom Purwokerto (S1 Teknik Informatika)

Post Navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *